Friday, January 27, 2012

Apply South Korea Tourist Visa (for Indonesian)


*Every country has their own terms and conditions to apply South Korea tourist visa. This post is for Indonesia citizens only.


Beberapa waktu lalu saya apply visa Korea Selatan. Memang deg-deg'an kalau apply visa, takut tertolak. Saya sampai beberapa kali bermimpi tentang visa -.-" Saya ingin membagi pengalaman saya saat mengajukan visa tersebut. Biaya yang diperlukan Rp 400.000,00. Karena saya berdomisili di Malang, maka saya tidak bisa datang sendiri ke Kedubes Korsel di Jakarta. Saya mengurus visa melalui salah satu travel agent di Malang. Kelengkapan yang dipersyaratkan (update per 1 November 2011) adalah :


1. Passport Asli (lama dan baru)
- Masa berlaku saat berangkat minimal 6 bulan.
- Passport tidak boleh dipinjam selama proses.

2. Formulir Visa
Formulir dapat diunduh di sini. Tidak ada keterangan cara pengisian formulir. Untuk amannya diisi saja dengan huruf balok dan tinta hitam. Isinya yang lengkap ya.

3. Foto berwarna 4x6 background putih 2 lembar

4. Print Out Ticket
Kebetulan kemarin saya sudah ada tiket fix dari AirAsia. Kalau kamu tidak ada tiket fix, bisa digunakan bukti booking tiket pesawat.

5. Print Out Konfirmasi / Voucher Hotel
Sebenarnya tidak harus hotel, yang penting jelas kamu akan menginap di mana selama tinggal di Korea Selatan. Saya akan menginap di guest house. Kalau kamu menginap di guest house, jangan lupa untuk meminta voucher bukti booking via email karena tidak semua guest house langsung mengirim voucher tersebut.

6. Surat Referensi Bank (Asli)
Surat referensi dalam Bahasa Inggris harus mencantumkan no rekening dan nominal tabungan.

7. Bukti Keuangan Pribadi
Fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir. Boleh lebih dari 1 bank, asal nama pemilik rekening sama. Bagi yang masih sekolah / kuliah, jika masih dibiayai orang tua, maka buku tabungan yang difotokopi adalah milik orang tua. Dari pihak dubes Korea Selatan sendiri sebenarnya tidak ada limit minimal nominal tabungan berapa, tetapi oleh pihak travel agent diminta minimal 50 juta rupiah untuk amannya. Saya kemarin jadinya pinjam ke teman supaya dapat 50jt. Setelah buku tabungan di-print uangnya dikembalikan lagi :p

8. Fotokopi SIUP
Point ini diperlukan kalau kamu adalah pemilik suatu badan usaha. Jika kamu bekerja sebagai karyawan, maka fotokopi SIUP tidak diperlukan.

9. Surat Undangan
Point ini tidak harus ada, tetapi bila ada surat undangan dari teman atau saudara yang berdomisili di Korea Selatan bisa disertakan. Saya tidak menggunakan surat undangan.

10. Sponsor Letter (Asli)
Jika kamu adalah karyawan, maka diperlukan surat sponsor dari atasan yang menyatakan bahwa kamu bekerja di perusahaan tersebut dan beliau menjamin bahwa kamu tidak akan bekerja di Korea Selatan dan akan pulang ke Indonesia setelah kunjungan berakhir. Selain itu juga dicantumkan siapa penyedia dana bagi perjalanan kamu. Surat dibuat dengan ada kop surat dan stempel perusahaan. Bagi yang masih kuliah / sekolah, maka diperlukan surat dari sekolah/universitas yang menyatakan kalau kamu memang sedang sekolah/kuliah di sana.

11. Kartu Nama (Asli)
Point ini juga tidak wajib, tetapi bila ada lebih baik disertakan. Jika kamu tidak ada kartu nama, maka bisa diserahkan kartu nama atasanmu yang bertanda tangan di sponsor letter.

12. Fotokopi KTP

13. Fotokopi Kartu Keluarga

14. Fotokopi Akte Lahir

15. Fotokopi Akte Nikah (bagi yang sudah menikah)

16. Slip Gaji 3 Bulan Terakhir / SPT Pph 21
Point ini diperlukan jika passport kosong atau hanya memiliki visa negara Asia saja. Tidak perlu keduanya, saya hanya slip gaji saja.


Biar tambah ok, kemarin saya sertakan juga rencana  itinerary saya selama berada di Korsel. Saya baca beberapa pengalaman orang-orang yang langsung apply ke Dubes di Jakarta, 3 hari kerja visanya sudah selesai. Visa saya selesai dalam 7 hari kerja. Senang sekali visa sudah keluar. Sekarang tinggal persiapan untuk hari H-nya :)

Visa dapat dilihat di post ini

Buat teman-teman, ngga perlu takut untuk pengajuan visa ke Korea Selatan. Ternyata ngga susah juga kok, asal semua persyaratan terpenuhi. Kalau ada yang mau ditanyakan silahkan comment di bawah. Semoga bisa membantu ^^


83 comments:

Anonymous said...

mengenai nominal min saldo d tab itu wajib ya 50jt..??? kl ga smpe gmn?? tp jika qt pinjem uang trs msukin tab bukannya ketahuan... tiba2 ada uang masuk dlm jangka wkt sblm brgkt..???

Christine said...

Dr dubes sendiri ngga ada ketentuan brp.. kmrn oleh travel agent yg saya pakai disuru kasi.min 50jt utk amannya saja. kalo transfer jgn lsg banyak, tapi bertahap.aja

Anonymous said...

oo pake travel y brngktnya,ni brngkt dr sby pa jkt yakk??

Christine said...

Berangkatnya berangkat sendiri. Cuman ngurus visanya aja yg via travel karena ngga bisa lsg ke jakarta sendiri.
Berangkat dari Surabaya naik AA :)

Punya.Tia said...

ini ada panduan apply visa ke korea dr official fanpagenya KTO Indonesia.. semoga membantu....

http://www.facebook.com/notes/korea-tourism-organization-indonesia/panduan-mengisi-formulir-aplikasi-visa/349902501697301

Anonymous said...

apply visa nya berapa lama sebelum hari H ? 3 bulan bisa ?

Christine said...

Aku kemarin 2 bulan sebelum. 3 bulan bisa kok cuman jgn terlalu jauh dr hari H krn masa berlaku visa hanya 3 bulan dr tgl keluarnya.

Anonymous said...

Gimana cara dapetin surat referensi dr bank? Tq

Christine said...

Tinggal ke bank aja, ke bagian customer service. Bilang mau minta referensi bank untuk pengajuan visa Korea dengan tujuan holiday (klo memang tujuannya holiday). Jangan lupa bawa buku tabungan yg sudah ada print out tabungan 3 bulan terakhir. Bilang juga ke mbak / mas-nya minta disebutin nominal tabungan d surat referensi tsb. Klo BCA bayar 50.000, aku kemarin lsg didebet dari tabungan. Surat referensinya jadi besoknya

Anonymous said...

Hi saya ada plan end year ini ke seoul, tp ga menggunakan travel. Mau tanya itu surat ref bank dg print out 3 bln terakhir yg min. Nominal 50jt itu ya?
Kalo combinasi tabungan + deposito dan pasar uang gitu bisa ga?

Thanks

Christine said...

Saya kurang tahu kalau gabungan dengan deposito ya. Saya baca di beberapa web ada yang mengatakan boleh, ada yg tidak karena deposito kan sifatnya pasif. Sedangkan rekening tabungan yang diminta juga rekening yg aktif bukan yang pasif (harus ada transaksi debet dan kredit dalam 3 bln terakhir). Menurut saya untuk amannya lebih baik nominal 50jt di rekening tabungan saja semua

Anonymous said...

Ooo gitu..
Thanks buat share infonya

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Marsya said...

Hi Christine, saya ada rencana pergi ke Korea. Saya sudah lulus tapi belum bekerja. Saya pergi bersama orang tua saya, kalau begitu, siapa yang bisa menjadi sponsor saya? Soalnya saya gada perusahaan yg menjadi dan orangtua juga ikut.
Kemudian untuk bukti keuangan, apa bisa digabung karena saya pergi sebagai keluarga? Mbak tau ga kira2 nya? hehehe
Untuk surat referensi bank, kalau pegawai negeri harus pakai surat pengantar atau bisa langsung ke Costumer Service Bank bersangkutan?
Saya deg-degan ni karena cukup susah persyaratan visa Korea.
Ditunggu balasannya mbak, Terimakasih banyak :D

Christine said...

Hi Marsya, sorry bgt br reply ya. Br aja balik Indo. Di China blogspot di block sih -.-'

Ortu kmu kerja kan? Klo kerja pake aja surat keterangan kerja ortu dan kmu ditanggung sama ortu. Jadi bukti keuangan yg diserahkan punya ortu dan tabungannya ckp. Klo mis yg brkt 3 org ya 3x 50jt. Dicb gt aja. Klo visa aussie kyk gt bisa sih. Harusnya korea ngga lbh ribet dr aussie ya.
Klo masalah pegawai negeri perlu surat pengantar ke bank ato ngga, kyknya ngga perlu. Surat referebsi bank itu hanya nunjukkan klo kmu bener nasabah sana, tabunganmu aktif dan nominal disebutkan. Ngga ada hubungannya ama pekerjaan.
Kmu mau apply sendiri ato via travel? Klo via travel lbh baik tanyakan lg aja ke travelnya. Yg penting klo ke korea sih harus jelas klo bakal balik indo.

Anonymous said...

mo tny kl msl srh agen urus visa ky mb,n kt brgkt sdr kt byr brp ya mb

Christine said...

Mksdnya urus visanya kena brp gt? Tiap travel agent beda2 jd tergantung kamu pake agent mana.

Anonymous said...

kl blh tau mv lwt agen apa?n biaya brp?

Christine said...

Di Panorama Travel Malang, biaya 400rb

Anonymous said...

Sis...

untuk point no 16 nih

16. Slip Gaji 3 Bulan Terakhir / SPT Pph 21
Point ini diperlukan jika passport kosong atau hanya memiliki visa negara Asia saja. Tidak perlu keduanya, saya hanya slip gaji saja.

Saya punya npwp baru 2 bulan lalu dan belum ada bukti bayar SPT. Sedangkan saya mau apply visa awal oktober 2012.

Kl kyk gitu perlu ga ya npwp saya sertakan wlpn belum ada bukti bayar pajak?

Takutnya diminta itu SPT, kl slip gaji saya bisa minta ke HRD.

Tolong infonya ya... Thanks.....

Christine said...

Saya kemarin hanya ngasi slip gaji 3 bulan terakhir aja, ngga pake fotokopi NPWP. Jd kyknya ngga masalah klo ngasi slip gaji aja

amelia said...

sis, saya udah karyawan nih, tapi kalau provide bukti keuangan 50 juta, susah banget.. andai pake rekening ortu gimana ya? ntar ortu bikin surat keterangan kalau ortu yang sponsorin saya gitu..

Christine said...

Klo gitu brati sis ngga menyertakan keterangan dari kantor klo sis kerja? Aku krg tau ya klo gitu soalnya bukti kuat klo kita bakal balik ke Indo salah satunya krn kita bekerja di sini.
Mending gini aja sis, sis pinjem uang ortu buat dimasukkan ke tabungan sis. Jadi misal bln ini transfer brp, bln dpn brp jd wkt sis apply di tabungan sis udah ada 50jt. Aku kmrn gitu sih..

Unknown said...

mu tanya kalo referensi banknya ga pake bahasa indonesia gimana ya?udah nanggung,tapi surat sponsor saya in english. masih diterima ga?trus kalo pengajuan visa pake travel agent masih perlu interview ga?thanks before.

Unknown said...

maaf maksud saya kalo referensi banknya ga pake bahasa inggris tapi bahasa indonesia gimana?udah nanggung soalnya. tapi sponsor letternya pake bahasa inggris gitu.

Christine said...

Wah kyknya lbh baik buat lg aja surat ref bank yg Inggris. Ngga pake interview si klo aku kemarin

Unknown said...

sis ada contoh surat keterangan dr atasan gak yg pake bahasa inggris?boleh donk di share klo ada contoh nya.

thanks

Christine said...

Itu d point 10 suratnya uda ada

Anonymous said...

Haiiii Christine..
Numpang cari referensi ya.. :D
Aku kan sudah kerja niy,,tapi uang tabungan aku blom ckup smpe btas Min. 50jta untuk rekening korannya..
Tapi aku ga mau pinjem ke temen yg secara bertahap gtu..
Dan kalo misalnya aku pke rekening org tua aku bisa ga ya??dan plus pke surat referensi dri orang tua aku gtu..
Ada yg perlu aku bawa ga untuk itu,,sperti KK atau sjenisnya??

Dan kalo misalnya aku pke surat sponsor dri kantor,,aku bisa ga ya pke rekening koran pnya kantor jga??
Soalnya tmen ku ke amrik,,lewat travelnya mnta rekening koran kantor..
Gimana itu jadinya??

Christine said...

Hmm aku kurang tau ya klo pake rek kantor. Klo kmu apply via travel agent, cb tanya aja ke travelnya

kecebongompong said...

Hallo Christine, mau nanya. next month aku ada plan ke Korea. Pengurusan visa satu bulan sblm keberangkatan bisa ga ya? Dan ttg penginapan selama di Korea, apakah harus slalu disertakan beserta nama bookingan kita? Krn rencana nya disana saya tinggal bersama teman saya selama di Korea. Ditunggu jawabannya ya. Thanks

Christine said...

Bisa kok 1 bln sebelum. Klo tempat tinggal di teman saya kurang tau ya. Mungkin kasi keterangan aja diketik gt kali ya

Anonymous said...

hai christine, mau tanya mengenai yg pph 21 itu apakah wajib? paspor msh baru sih 1 th nan gt dan baru keisi cap Singapore aja, tp syarat keuangan udh lengkap spt : rek koran 3bln, reff bank asli, copy NPWP, dan surat sponsor udh lengkap jg, nah itu msh perlu pph 21 lg ga? ditunggu ya infonya :) thankyou.GBU

Christine said...

Aku kmrn ngga kasi pph 21 tp kasi slio gaji 3 bln trakir aja

Unknown said...

HI christine, contoh surat undangan'a seperti apa? kata'a itu bisa memudahkan pergi ke korea?

Unknown said...

HI christine, contoh surat undangan'a seperti apa? kata'a itu bisa memudahkan pergi ke korea?

Christine said...

Hi..

Saya sendiri kurang tau pastinya. Setau saya di dlm surat menyatakan nama, alamat pengundang, mengundang dlm rangka apa. Klo biaya hdp di sana ditanggung oleh yg mengundang, hrs dinyatakan jg dlm surat. Kmdn dilampirkan fotocopy ID dari pengundang. Itu setau saya ya.. Krn saya jg belum pernah pakai surat undangan

Unknown said...

Hi Christine,

Saya mau nanya nih, saya kan baru mulai kerja nih, dan rekening di bank saya belom sampe 50jt, jadi saya mau pinjem sama ortu buat sementara doang sampai di print, cuman untuk nunggu sampe 3bulan berturut2 kayak nya ga bisa deh, soalnya skrg aja uda Nov, saya pergi Feb. mepet banget kayak nya. bisa ga tetep aja ajukan wlupun ga sampe 3bulan? thanks ya.

Christine said...

Hi Stefie,

Kmu apply visa kpn? Januari? Nanti yg kmu kasi copy-nya tabungan dr bln Okt-Des. Klo mslh 50jt-nya, aku dulu cuma bulan terakhir aja yg sampai 50jt. Bulan pertama dan kedua ngga smp 50jt. Jd kmu pinjam ortu dr skrg jg ngga masalah harusnya. Transfernya bertahap aja.

Sebenarnya 50jt itu bukan angka mutlak sih. Klo kmu apply sendiri ke dubes di Jkt, ngga sampai segitu jg ngga apa2. Kmu hitung aja biaya slama kmu di sana brp dan kmu hrs ada uang segitu di tabungan. Cuman kemarin oleh travel dibilang 50jt spy aman aja gitu.

Unknown said...

Hi Christine,

Thanks uda balas, iya seperti nya awal januari gw baru apply untuk pergi awal february. cukup ga waktunya sebulan? iya untuk masalah rekening uda beres, nah skrg kan aku suruh org travel tolongin urus visa, tp dia bilang dia belom pernah urus utk org yg perorangan loh, biasanya urus skali banyak lgsg gt kek tour. anyway, kamu dlu perginya ga pake tour kan? jd bener2 pake travel itu cuman sebagai org pembantu aja utk dapatin visa kan? jd kalo perorangan kt butuh invitation letter donk ya dari org korea langsung??

masi bingung ama itu aja sih, tkt aja org travel tiba2 failed. hehe. thanks ya.

Christine said...

Iya kmrn travel cm bantu buat visa aja. Aku ngga pake invitation letter kok. Kmu pake travel mn? Pake aja travel yg uda punya nama, yg uda gede gt.. Aku kmrn bisa kok perorangan

Unknown said...

nama nya Travel Classic. itu tour di batam. ga tau sih itu tour gede apa engga, cuman sodara perna pake itu.,. hehe.. sip deh,, nanti gw coba, and will let you know how the result is. lol. thanks ya Christine

Unknown said...

hi christine
saya mau nanya sebaiknya kita urus visa dulu atau beli tiket dulu? soalnya takutnya kalo udah beli tiket dan permohonan visa di tolak uang tiket kita hangus dong..
thanks

Christine said...

Klo aku kmrn beli tiket dulu. Soalnya klo kita uda ada tiket pp bisa meyakinkan pihak dubes klo kita bakal balik. Klo kmu takut visa ketolak, book tiket via travel agent aja cm jgn byr dulu. Sertakan bukti booking wkt apply visa. Tp slama ini kyknya tmn2 byk yg beli tiket psawat lsg online n visa ketrima semua si..

honeyz said...

hai christine, mau tanya yg masalah saldo 50 jt itu, katany saldo ny harus 50 jt di 3 bln terakhir, tapi ga harus 50 jt dari bln pertama, tapi pas terakhir jg gpp yg penting saldony 50 juta, nah saya rencana mau pinjam dana secara bertahap seperti yg kamu bilang,tapi masi bingung masalah debet dan kredit, kalo krdeit sih ud pasti karena kan pinjam dana secara bertahap jadi pasti ada record kredit, nah record debetny gmn?saya harus transfer dana ke org lain? atau pasif aja boleh ga? yg penting di rek kita ada saldo 50 jt selama 3 bln terakhir walaupun ga ada transaksi apa2. thx

Christine said...

Kyknya mending dibuat aktif aja ya. Jadi kmu transfer2 gitu deh ke sapa gitu ntar dibalikin gitu. Plg ngga biar ada kluar masuknya uang gitu. Kmu ambil duit jg ngga papa sim yg penting ada debet dan kreditnya.

Anonymous said...

mau tanya buat slip gaji.. slip gaji itu berlaku untuk orang yang ingin pergi atau yang membiayai pergi ke korea ?? karna saya masi dibiayai orangtua tapi orangtua saya tidak ikut.. thx

Christine said...

Klo masih disponsori ortu dan ortu kerja ikut org mgk kasi aja ya slip gaji ortu 3 bln terakhir + copy tabungan ortu jg. Kamu masih kuliah/sekolah? Klo iya hrs sertakan surat pernyataan dr universitas/sekolah kamu klo kamu masih sekolah.

dede said...

maaf saia pengen nanya..saia kan buka usaha sendiri cv gitu..
nanti saia buat sponsor letter nya gmn??
tanda tangan saia sendiri dunk sbg direktris??
ad co.sponsor letternya gk mau dunk,,
pliss email ke jjlopedd@gmail.com

Christine said...

Klo punya usaha sendiri tdk perlu sponsor letter. Setau saya ckp sertakan saja copy npwp dan bukti pembyran pajak perusahaan 3 bln terakhir. Utk lbh jelasnya bisa tanya ke travel agent aja ya..

siputriwidi said...

Permisi, mau ikut tanya, sy dan 3 org teman ada rencana berlibur ke korea akhir maret nanti. Sy sda kenalan sih di korea, tp org indonesia yg sekolah di sana, apakah dia bs membuat surat undangan? Kedua, penyandang dana sy bukan org tua, tp tante sy, nah surat apa saja yg diperlukan? Apakah termasuk surat kuasa dr org tua sy kpdbtante sy, dan apakah ketika tante sy membuat surat keterangan kesediaan menjadi sponsor hrs disertakan alasanny knp bersedia? Oiya apakah punya form utk surat sponsor dr pihak keluarga spti ini? Terima kasih )

Christine said...

Sptnya klo org indo yg study di sana tidak bisa kasi surat undangan ya.. Setau saya yg bisa citizen aja cm saya krg tau jg sih..

Klo utk surat sponsor keluarga selain ortu saya jg belum pernah dengar. Sehrsnya bisa cm utk kelengkapannya saya krg tau. Maaf ya tdk bisa membantu..

Unknown said...

maaf mba,,,itu travel agent nya di malang namanya pa ya,,,kebetulan saya juga mau menggurus visa tapi menggunakan visa undangan teman...kebetulan saya berdomisili di ponorogo,dan disini tidak ada travel agent yang bisa melayani ke korea..terima kasih

Christine said...

Bisa minta email? Saya email aja ya.. Klo post d sini nanti dikirain promosi lg :)

Christine said...

Bisa minta email? Sy email aja ya..

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

oke mba,,,terima kasih banyak,,coz..kemarin2 saya muter2 seponorogo ,,nga ada travel agent yang mau bantu urus visa kekorea,,lagian lau urus sendiri ke kedutaan di jakarta,wira wirinya yang nga telaten,,bulan 12/2012 saya dah urus kekedutaan sendiri,tp masalah pasport nya jdnya visa saya ke pending dan ini mau apply yang baru lagi,hehe terima kasih banyak mba christine bisa kasih tau travel agent yg ada di malang,,kirim ke email saya aza..sweetblack25@yahoo.co.id
oke,,,terima kasih ^_^

angel said...

hai christine..mau tanya kamu pake travel agent apa waktu urus visa korea? sy lg urus via panorama tour. is it reliable? pernah ada tau org yg ditolak visa koreanya ga?
tks before :)

Christine said...

Aku jg pake dia kmrn :)
Selama ini belum pernah dengar ada yg ketolak sih..

angel said...

hehe2..sip dehh..tks ya

SusiLoveAgung said...

Mbk gimana contoh surat undangan, soalnya suami saya ada di korea dan saya ingin berlibur kesana, klo seandainya bos dr suami saya mau menjamin saya ke korea apa saja yang di perlukan? makasih untuk jawabanya.

Christine said...

Hi, klo contoh surat undangan saya tidak punya, hanya setau saya di dlm surat menyatakan nama, alamat pengundang, mengundang dlm rangka apa. Klo biaya hdp di sana ditanggung oleh yg mengundang, hrs dinyatakan jg dlm surat. Kmdn dilampirkan fotocopy ID dari pengundang. Cuman untuk pastinya lbh tanya ke org yg pernah pakai surat undangan saja ya :)

santie said...

hi mbak... boleh minta alamat / website/ telp travel agent yg kemaren urus visa ke koreanya ? cuz feb '13 kemaren sempat aply visa korea sendiri tapi di rejected. jd galau deh..
rencananya mei mo aply visa lagi, thanks infonya

bisa kirim alamat travel agent nya ke : twin.santie@gmail.com

ditunggu ya mbak.. thanks
salam

felis' diary said...

hai christine.. mau tanya nih yang surat sponsor perusahaan bisa pake surat pengangkatan kerja gak? soalnya agak ribet klo minta surat2 ke kntor... thks

Christine said...

Aku kurang tau ya. Soalmya suratnya hrs menjelaskan kalo kita emang kerja di sana, biaya perjalanan ditanggung siapa dan menjamin klo bakal balik ke indo lagi. Setau aku surat pengangkatan belum menjelaskan itu semua

nOpHe said...

say tanya.. kalau alamat KTP sama KK nya beda bisa gak yaa??

Christine said...

Wah sorry.. Klo itu aku kurang tau. Cb tanya ke travel agent aja..

Unknown said...

Hai . Mau tanya soal yg tabungan 50jt td.. Nah semisal sebagian uang itu hasil pinjeman . Trus lgsg diprint 3 bulan terakhir.. Apakah uang pinjeman td lgsg bs dibalikin setelah dprint? ato nggu balik ke indonesia dulu baru bs dibalikin. Thankyou

Christine said...

Kemarin langsung si..

rimaru said...

Saya mau nanya nich, kalau misalnya sponsornya orang korea asli gimana ??
Teman atau pacar atau calon suami gimana tu ??
Makasih ...

Christine said...

Setau saya bisa. Tp hrs ada dokumen org bersangkutan yg dilampirkan. Cb tanya ke travel agent atau cek web dubes korsel aja utk jelasnya

Nabila said...

Mba, bisa ngga ya kalo misal yg minta surat referensi bank itu bukan yg punya rekening tp orang lain yang mengurusnya dgn membawa surat kuasa yg ditandatangani yg punya rekening?

Christine said...

Krg tau ya mb. Klo itu sptnya tergantung bank masing2. Mb tanya aja ke banknya

Unknown said...

kalau pakai rekening ortu dan referensi ny ortu.. bisa kn mbk.
karna nabung ny di rekening ibu.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Christine said...

Bisa mungkin ya..

Anonymous said...

hi christ.....
mo tanya nih...aku kan udah ada paspor.tinggal beli visanya aja.kira2 klo ngk bawa KK,KTP & AKTE bisa ngk/ngk ea ?

Anonymous said...

Mba mau tanya surat referensi itu bisa dari bank mana aja kan? Kalo buat nya di BRI unit bisa kan soalnya saya di kampung jadi buat rekening sama nabungnya di BRI unit ngga di BRI cabang, jadi saya ga mesti k BRI cabang kan? Tp ke bank dimana kita buat rekening sama nabung? Trmksh sblm nya

Anonymous said...

Mau bantu jawab nih..

barusan aku ngurus visa ke Korea dan approve...soal surat referensi bank berhubung rumahku juga di desa aku juga ngurusnya di unit, ternyata surat yang dikeluarkan tetap dikeluarkan oleh cabang tapi dari unit akan bantu urus cuma perlu waktu sekitar 3 hari kerja setelah itu surat referensinya bisa langsung kita terima di unit. cuman kalo memang butuh cepet aku rekkomendasiin langsung aja ke cabang, surat referensinya bisa ditunggu alias one day service... :)

Unknown said...

hi sis, fotokopi tabungan 3 bln terakhir itu wajib ga ya ? kalau tabungannya msh dibawah 3 bln bisa ?

trueblues chelsea fc said...

halo kak, saya boleh minta alamat travel agent visa nya?
ini email saya kak cahya.muhammad66@gmail.com

trueblues chelsea fc said...

terimakasih kak

Unknown said...

hai christ
aku mau tanya,utk saldo tab, 50juta itu gapapa ada di bulan terakhir? karena kan nabung nya berturut2 dr bulan sebelumnya. jd dr awal bulan gak lgsg 50 juta.. utk arus kredit debet sih lancar. itu bisa kah ?

Post a Comment

Thank you for stopping by my blog.
If you like my posts or find them helpful, please click [g +1] button.
Let me know what you think by comment below :)